Welcome To Blog Ane(H) Ahmad Thoufur Abi ; Media CHAT(ting) Putra Betawi Asli; Seorang (yang katanya) Ustadz Kampung(an) yang berprofesi sebagai Guru dan merangkap Blogger, Youtuber dan ADM :)

Juli 18, 2023

SEJARAH TAHUN BARU ISLAM

Jempol Facebooker
Kicauan di Twitter
ِبِسْمِ اللهِ الرَّحمْنِ الرَّحِيْم

ُسَلاَمٌ عَلَى مَنِ اتَّـبَعَ الْهُدَى # السَّلاَمُ عَلَيْكُم ْوَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

 


Alhamdulillah ... setelah beberapa tahun vakum – hampir delapan tahun lamanya, mas broww‎ – ‎‎dari blogging, malam ini abi ada waktu luang untuk ngelanjutin lagi blogging ‎untuk para onliner mania... hehehe ... :)‎
Sebenarnya abi gak mau tuh vakum, tapi ternyata Allah punya rencana lain ... Abi ‎lagi cukup repot ama kehidupan di dunia nyata, so ... harus memisahkan diri ‎sementara dari dunia maya... alhamdulillah malam ini bisa mulai lagi bertepatan ‎dengan Tahun Baru Islam 1445 H ... 😊 hehehe
Oh ya ... sebelum melanjutkan menulis, abi dan keluarga terlebih dahulu ingin mengucapkan
"SELAMAT TAHUN BARU ISLAM, 1 MUHARRAM 1445 H"
Semoga di tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya, kita semua senantiasa dapat menjadikan diri kita lebih baik lagi dalam segala hal... Aamiin yaa Allah , yaa Mujiibas Saailiin... 
Sebagai pembuka setelah lamanya vacum dan juga pembuka tahun yang baru, di postingan kali ini Abi bakalan ngasih tahu kalian - walau abi yakin kalian udeh pada tahu, bahkan hafal kali yaa...? - sejarah tahun baru Islam. 
Sejarah Tahun Baru Islam
Kalian mungkin berfikir (ini kira-kira doang yaa... bukan suud-dzon) "buat apaan sih bi...? khan kite-kite udah pada tahu...?" Eits... nanti dulu... Ingat... ini adalah Blog Ane(H) ... jadi mungkin aja ada yang agak beda dari postingan abi kali ini dari apa yang kalian sudah tahu...  so bisa nambah ilmu deh kalian... ya gak, ya gak...? iya aja deehh... biar kagak ribet... wkwkwk
#promosi dulu dikit... hehehe

Lanjutin ahhh ...   tapi klik dulu ya supaya lebih jelas ...
Ibnu Hajar Al-Asqalani - kalian kenal khan...? itu lho, penulis kitab hadits Bulughul Marom - yang juga ahli sejarah, dalam kitab Fathul Bari bi Syarhi Shahihil Bukhari membahas sejarah tahun baru atau penanggalan kalender Islam dalam Bab Tarikh. Kalo kalian punya, coba kalian lihat yaa ... (Ibnu Hajar Al-Asqalani, Fathul Bari bi Syarhi Shahihil Bukhari, [Kairo, Darul Hadits: 2004 M/1424 H], juz VII, halaman 307).
Al-Asqalani (abi sebut begini aja terus yaa...? biar pendekan dikit  ), mengangkat persilangan pendapat perihal sejarah awal tahun baru Islam ... Al Hakim meriwayatkan dari Syihab bin Zuhri bahwa, idola abi , Nabi Muhammad SAW (maaf yaa kalau abi singkat bukan berarti abi enggak cinta lho sama beliau   ) tiba di Madinah lalu memerintahkan penulisan sejarah pada bulan Rabiul Awwal  ,. Tetapi riwayat ini lemah karena perawinya hilang dua atau lebih secara berturut-turut (mu’dhal). Kalau mau tahu lebih jauh tentang kata (mu’dhal) ini, silahkan tanya guru Ilmu Hadits yaa...?!   ... hehehe 
Adapun pendapat yang masyhur mengatakan bahwa penetapan awal tahun baru Islam terjadi pada masa kepemimpinan Sayyidina Umar bin Khattab ra (634-644 M/13-23 H) setelah sahabat Abu Bakar ra (632-634 M/11-13 H).
Para sahabat menetapkan awal tahun baru Islam berdasarkan peristiwa hijrah melalui firman Allah perihal pembangunan masjid Kuba, yaitu :


لَّمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى ٱلتَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَن تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَن يَتَطَهَّرُوا۟ ۚ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُطَّهِّرِينَ
 "Janganlah kamu bersembahyang dalam mesjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih." 

Kalau kalian mau lihat tafsirnya, silahkan langsung ke https://tafsirweb.com/3124-surat-at-taubah-ayat-108.html 

Kata “awwali yawmin” atau “sejak hari pertama” sebagaimana sudah sama-sama maklum tidak berarti hari pertama secara mutlak, tetapi hari di mana waktu pertama kemuliaan Islam, hari di mana Nabi Muhammad saw beribadah dengan rasa aman, dan hari di mana Rasulullah saw dan umat Islam membangun pertama kali sebuah masjid sebagai rumah ibadah. 

Para sahabat sependapat bahwa peristiwa tersebut menjadi awal mula penanggalan kalender tahun baru Islam. Kita juga memaklumi bahwa “awwali yawmin” atau “sejak hari pertama” pada Surat At-Taubah ayat 108 merupakan hari Nabi Muhammad saw dan sahabatnya memasuki Kota Madinah.

“Sahal bin Sa’ad mengatakan, ‘Para sahabat tidak menghitung hari kenabian-kerasulan Nabi Muhammad saw atau hari wafatnya sebagai awal tahun baru Islam. Mereka mengitung awal tahun baru Islam dari hari Nabi Muhammad saw tiba di Kota Madinah,’” (HR Bukhari).


Adapun riwayat Al-Hakim menyebutkan bahwa banyak orang keliru. Mereka mengitung bukan sejak Nabi Muhammad saw tiba di Madinah, tetapi sejak tahun wafatnya. Menurut Al-Hakim, informasi ini yang justru keliru. Mereka justru mengitung tahun tiba Nabi Muhammad saw di Kota Madinah.

Adapun yang dimaksud dengan “Banyak orang keliru” adalah kelalaian dan keabaian mereka. Tetapi mereka kemudian mencoba menemukan dan mengingatnya kembali. Al-Asqalani menambahkan, tidak ada keterangan pasti perihal bulan kedatangan Nabi Muhammad saw di Madinah. Sedangkan sejarah teritung pada awal tahun.

Setidaknya ada empat opsi yang diperhatikan para sahabat untuk menentukan awal tahun baru Islam, yaitu :
1. Waktu kelahiran (maulid);
2. Waktu pengangkatan kenabian-kerasulan
3. Waktu hijrah ke Madinah; dan 
4. Waktu wafat Nabi Muhammad saw. 

Bagi sebagian sahabat, waktu hijrah lebih pasti dalam ingatan mereka. Sedangkan waktu (tahun) kelahiran dan pengangkatan kenabian-kerasulan Nabi Muhammad saw diperselisihkan di kalangan mereka. Adapun waktu wafat Nabi Muhammad saw dihindari oleh mereka karena hanya melahirkan kesedihan sehingga pilihan penentuan tahun baru Islam jatuh pada peristiwa hijrah. (Al-Asqalani, 2004 M/1424 H: VII/307).

Para sahabat bertekad bulat ('azam) untuk berhijrah pada bulan Muharram. Adapun baiat atau perjanjian untuk berhijrah terjadi pada pertengahan Dzulhijah yang menjadi pendahuluan hijrah. Sedangkan bulan (hilal) pertama yang tampak setelah baiat dan 'azam untuk berhijrah jatuh pada bulan Muharram. Jadi Muharram cukup relevan dijadikan awal tahun baru Islam. (Al-Asqalani, 2004 M/1424 H: VII/307)
Sahabat ...
Sementara sekian dulu ya posting abi kali ini, silahkan ikuti posting abi selanjutnya jika memang sahabat berkenan ...
وَاللهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ وَبِهِ التَّوْفِيْقِ وَالْهِدَايَةِ وَالْعِنَايَةِ وَالْعَفْوُ مِنْكُمْ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُم ْوَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

PENULIS -:- A H M A D - T H O U F U R - A B I

Sekelumit Tentang Penulis

Ahmad Thoufur (yang biasa dipanggil) Abi adalah seorang Putra BECENG (BEtawi CENGkareng) Asli, yang (katanya) juga Ustadz Kampung(an) serta berprofesi sebagai Guru merangkap Blogger dan ADM :) Dia adalah kepala dari keluarga (HaSnaNif At-Thoilah) yang senantiasa berdoa agar dapat kembali berkumpul dalam kehidupan abadi di surga-Nya Allah SWT... Mohon do'a...!!

Facebook Abi

BLOG KELUARGA HASNANIF AT-THOILAH

Silahkan berkunjung ke Blog Keluarga Abi ... :)
  • Blog Keluarga HaSnaNif At-Thoilah
  • Admin Blog

    0 comments:


  • MARI BERSILATURRAHIM DENGAN KELUARGA KAMI

  • 2nd Tab

      Nyoba warna tulisan merah


      Nyoba warna tulisan kuning


      Nyoba warna tulisan hijau


  • Link Foto Tanpa Foto
  • Top Bar Script


  • BLOG KELUARGA HASNANIF AT-THOILAH
  • * B L O G - A N E ( H ) - A H M A D - T H O U F U R - A B I
      B
      ISI KOLOM 1 MASIH KOSONG
      ISI KOLOM 2 MASIH KOSONG
      ISI KOLOM 3 MASIH KOSONG
      B
      L
      -O-
      G
      -
      A
      N
      E
      (
      H

      emoticon gif buat kotak komentar

      )

      emoticon gif minimalis

      KOSONG

      emoticon medium format gif

      A

      emoticon medium format non-gif

      H

      Judul/Nama Widget

      Letakkan widget yang akan disembunyikan di sini!
      M

      Daftar Posting Seluruhnya :

      A
      D
      T
      1 2 3 4 5 6
      H
      • At Cibodas 2010
      • Here We Are
      • Our Famuly Logo
      • Me and My Beloved Honey
      • Our Sons and Daughter
      • We Love Peace and Sharing
      • Me and My Beloved Honey
      • Our Sons and Daughter
      O

      Mau lihat lebih jelas lagi ?! Klik kanan pilih “buka gambar di tab baru”

      U
    • Make your own
    • U
      R
    • -
      A

      B

      2nd Tab

        Nyoba warna tulisan merah


        Nyoba warna tulisan kuning


        Nyoba warna tulisan hijau


    • Link Foto Tanpa Foto
    • Top Bar Script
    • I