Welcome To Blog Ane(H) Ahmad Thoufur Abi ; Media CHAT(ting) Putra Betawi Asli; Seorang (yang katanya) Ustadz Kampung(an) yang berprofesi sebagai Guru dan merangkap Blogger dan ADM :)

value="http://www.buzzbuttons.com/BUTTON6/twitbutton.swf" />

gambling

ceritanye lagi loading dulu nich ... :)
Beranda » » Ujian ... Just face it, do it and ... keep calm ... !! Blog Ane(H) Ahmad Thoufur

April 22, 2013

Ujian ... Just face it, do it and ... keep calm ... !!

Jempol Facebooker
Kicauan di Twitter Via Google +

بِسْمِ ُاللهِ الرَّ حْمنِ الرَّجِيْمٍ  *  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه


Alhamdulillah saat ini ane bisa ngelanjutin apa yang semalam ane sudah ungkapin, yaitu meneruskan tulisan perihal ujian ... Kalau ente belum tahu dan mau tahu tulisan semalam, silahkan ente lihat di link ini ... http://ahmadthoufurabi.blogspot.com/2013/04/ujian-nasional-so-what-gitu-lhooo.html
Semalam ane bilang, bahwa ujian yang kerap kita laksanakan selama ini sebenarnya merupakan ujian yang biasa aja, tidak 'nentuin' kita bangets ... begitu khan ... ?! So, emang apa ujian yang tidak biasa atau mungkin luar biasa, yang 'nentuin' kita bangets ... ?!  hehehe ... sebelum ente baca lanjutannya, ane bilang ke ente, bahwa ini adalah opini ane ... bisa aja tidak tepat buat ente ... ane gak mau maksa ente supaya nerima ... silahkan dilanjut kalau mau baca ... kalau tidak juga it's okay ... :)
Sobat blogger, facebooker, surfer, hoster, dan er er lainnya yang masih membaca tulisan ini ...
Sebenarnya kita semua - kita sadari atau tidak, kita tahu atau tidak, kita mau ikuti atau tidak - setiap saat selalu berada dalam satu kata ini ... UJIAN ... !!

Lho kok begitu ... ?! Yaa ... sebab bukankah hidup dan mati kita sebenarnya merupakan salah satu cara Allah menguji kita ?! Kalau ente belum tahu, silahkan ente buka surat Al Mulk ayat 2 ... di situ Allah jelas menyatakan bahwa Dia menciptakan kehidupan dan kematian sebagai suatu ujian buat makhluknya, yakni kita.
Hmmm ... bisa yaa ... ?! Untuk apa kok Allah menjadikannya ujian ... ?! Allah -tanpa kita tanya- telah menjawab dalam firman-Nya tersebut, yaitu agar dapat dibedakan, siapa di antara kita yang terbaik amal (baca: hasil ujian) nya dan siapa yang sebaliknya ... !! Biar lebih jelas lagi, ane tulis dech ayatnya ...
 الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلاً وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْغَفُوْرُ
Artinya : Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun
Lalu bagaimana atau apakah ujian yang harus kita laksanakan dalam hidup ini ?! Ada berapa banyakkah ujian tersebut ?! 'Peralatan' apa yang dianjurkan oleh Allah untuk kita persiapkan ketika melaksanakan ujian tersebut ?! Seberat apa sih ujian yang Allah berikan ?! Apa sih indikator keberhasilan kita menjalankan ujian tersebut ?! Dan kalau memang kita lulus, apa dong hadiah yang Allah siapkan buat kita ?!

Kalau memang ente pada mau tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ane bikin sendiri tanpa kisi-kisi itu, silahkan ente lanjut dengan mengklik tombol di bawah ini
Sobat er er yang tercinta dan semoga kita senantiasa mencintai dan dicintai Allah SWT ...
Sebelum menguraikan tulisan ane - berdasarkan apa yang ane tahu dan pernah belajar lhoo, bukan asal ngejeblak ... hehehe - tentang ujian lebih panjang kali lebar (baca: luas) lagi, ane mo bilangin ente dulu pemahaman yang lebih dalam akan makna ujian yang sebenarnya, okay ... ?!

Kalau mendengar kata UJIAN, sepertinya yang terbayang di benak kita adalah suatu hal yang sulit, rumit, ribet, semrawut, nyusahin, tidak mengenakkan, menyakitkan, menyesakkan dada dan hal-hal lain yang memiliki konotasi "LAGI DIKASIH HAL-HAL YANG TIDAK MENYENANGKAN". Kira-kira bener tidak hal itu ente rasakan ?! Kalau ya ... itu perasaan yang wajar, sebab kita adalah manusia. Tapi kalau tidak, berarti ente adalah orang yang cukup 'arif' dan 'alim' dalam memaknai UJIAN ... !! I like it ... !!

Sobat er er ... !!
UJIAN sebenarnya tidak hanya bermuara pada hal-hal yang tidak menyenangkan saja, seperti sakit, disempitkannya rejeki buat menyambung hidup (baca: miskin), sulitnya memahami pelajaran bagi seorang pelajar dan lain sebagainya.
UJIAN bisa juga ujian itu bersumber dari hal-hal yang menyenangkan, seperti sehat, fisik atau keindahan jasmani yang kita miliki, harta kekayaan yang melimpah, kepandaian otak dan lain sebagainya ... bahkan UJIAN seperti inilah yang dikhawatirkan oleh Rasulullah SAW terhadap ummatnya ... Beliau pernah mengungkapkan bahwa fitnah (baca: ujian) terbesar yang dialami ummatnya dan beliau khawatirkan tidak mampu diatasi dengan baik oleh mereka adalah dalam menerima kenikmatan ... :(

Kok bisa begitu yaa ... ?! Tapi kalau kita mau memikirkannya lebih dalam lagi, ternyata apa yang dikhawatirkan oleh Rasulullah SAW banyak kita dapati dalam fenomena kehidupan orang-orang di sekitar kita, yakni orang banyak yang terlena dan lengah akibat diuji dengan kenikmatan dibanding diuji dengan kesulitan ... Atau mungkin jangan-jangan kita sendiri - wal 'iyaadzu billaah min dzaalik - termasuk di dalamnya ...


Oleh karena itulah sobat er er yang tercinta ... kita harus senantiasa melakukan koreksi internal dalam hidup ini, supaya kita tidak terjebak dalam kenikmatan yang kita anggap sebagai hadiah Allah SWT atas prestasi kita melakukan ujian, namun ternyata kenikmatan yang kita terima adalah istidroj dari Allah SWT ... !! Juga jangan sampai kita menganggap musibah atau kesulitan yang kita alami adalah salah satu cara Allah SWT mengangkat derajat kita, padahal sebenarnya merupakan 'panjer' azab Allah terhadap kita yang akan dilunasi-Nya nanti di akhirat ... !!
 نَعُوْذُ بِاللهِ مِنْهَا كُلِّهَا

Ane persilahkan untuk melanjutkannya dengan mencentang kotak kecil di samping ini ...
Kalau memang sobat ingin melanjutkan membaca tulisan ane tentang UJIAN silahkan klik tombol di bawah ini ... Mohon maaf ane tidak langsung menuliskannya dalam postingan ini, sebab ane rasa posting ini sudah cukup panjang ... :)

ْ ْوَالله ُأَعْلَمُ  *  وَالْعَفْوَ مِنْكُمْ  *  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه


0 komentar:

B L O G - A N E ( H ) - A H M A D - T H O U F U R - A B I
    B
    L
    O
    G
    -
    A
    N
    E
    (
    H

    emoticon gif buat kotak komentar

    )

    emoticon gif minimalis

    KOSONG

    emoticon medium format gif

    A

    emoticon medium format non-gif

    H

    Judul/Nama Widget

    Letakkan widget yang akan di sembunyikan di sini!
    M

    Daftar Posting Seluruhnya :

    A
    D
    1 2 3 4 5 6
    H
    • At Cibodas 2010
    • Here We Are
    • Our Famuly Logo
    • Me and My Beloved Honey
    • Our Sons and Daughter
    • We Love Peace and Sharing
    • Me and My Beloved Honey
    • Our Sons and Daughter
    O

    Mau lihat lebih jelas lagi ?! Klik kanan pilih “buka gambar di tab baru”

    U
  • Make your own
  • U
    R
  • -
  • A

    B

    2nd Tab

      Nyoba warna tulisan merah


      Nyoba warna tulisan kuning


      Nyoba warna tulisan hijau


  • Link Foto Tanpa Foto
  • Top Bar Script
  • I