Welcome To Blog Ane(H) Ahmad Thoufur Abi ; Media CHAT(ting) Putra Betawi Asli; Seorang (yang katanya) Ustadz Kampung(an) yang berprofesi sebagai Guru dan merangkap Blogger dan ADM :)

value="http://www.buzzbuttons.com/BUTTON6/twitbutton.swf" />

gambling

ceritanye lagi loading dulu nich ... :)
Beranda » » Let’s begin our works by “BASMALAH” Blog Ane(H) Ahmad Thoufur

Maret 27, 2013

Let’s begin our works by “BASMALAH”

Jempol Facebooker
Kicauan di Twitter Via Google +
ِبِسْمِ اللهِ الرَّحمْنِ الرَّحِيْم

ُسَلاَمٌ عَلَى مَنِ اتَّـبَعَ الْهُدَى # السَّلاَمُ عَلَيْكُم ْوَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Sebagai muslim, tentunya sangat lazim kalau postingan di Blog Ane(H) Ahmad Thoufur Abi ini selalu diawali dengan satu kata yang sangat sakral ...
Apakah kata itu ... ?!
Hmm ... kasih tahu gak yaa ... ?! hehehe
Kata itu adalah ...

Kok begitu ?! Ya iyyaa laahhh ... masa ya iyaa doongg ... istri Abi aja namanya Ella NurlaeLA(h) ... masa Ella NurlaeDONG ... wkwkwk 

Mengapa kita # kitaa ?! Abi aja kualliii ... kalo sahabat mah terserah sahabat ... tapi Abi sih nganjurin buangettsss # lazim mengucapkan kata tersebut (selanjutnya Abi tulis "basmalah") ?! Apa artinya sihhh ?! Memang seberapa pentingnya ... ?! Lalu gunanya apaaa ... ?!

Hmmm ... simak yaa ... ?!

Dengan ngucapin "basmalah" Abi bukan cuman ngarepin "berkah", tapi Abi berusaha menghayati maksud dan makna kerjaan eh .. posting Abi entuhh, jadi Abi harep postingan itu bisa ngasih nilai-nilai positif (bahkan double plus) buat Abi dan orang lain ... atau paling kagak hasilnya jadi kagak asal-asalan, apalagi Abi khan - seperti yang Abi bilang eh tulis kemaren - hanyalah seorang 'plagiator', tapi ingatt ... Abi 'muslim', jadi Abi 'plagiator muslim' ... hehehe

Masih mo ngelanjutin baca ... ?! Kalo menurut Abi sih sebaiknya sahabat lanjutin dulu baca postingan ini, kalo perlu sahabat baca juga posting-posting pendahuluan Abi, biar sahabat kagak salah persepsi alias salah pengertian ama Abi natinya gitooo ... hehehe ...

MAKNA  BASMALAH

 

Kata “basmalah”  berasal dari kata bi ism Allah ar-Rohman ar-Rohim
Kata  “bi”  dalam bahasa Arab yang sering diterjemahkan "dengan" oleh para ulama dikaitkan dengan kata "memulai". Jadi ketika Abi baca “basmalah”  waktu mulain nulis postingan (ini) - postingan (lainnya) dalam blog ini, hakekatnya Abi bilang begini, "Dengan (atau demi) Allah Abi mulai (nulis postingan ini)."

Sehingga harepan Abi - berlaku juga loo buat sahabat atawa siapapun yang ngelakuin begini - kalo Abi jadiin kerjaan Abi alias nulis di posting ini atas nama dan/atau demi Allah (makna ini agak berat buat Abi, jadi maksud Abi adalah makna yang pertama, yaitu atas nama-Nya), maka tulisan entuh Abi harep bisa bermanfaat buat orang lain, khususnya buat Abi ... yaa paling kagak, bikin orang lain seneng deh gitooo ... 
Kok begituu ?! Ya iyaa laahh ... sebab waktu Abi ngucapin “basmalah”  itu berarti Abi berusaha nge'benteng'in diri Abi dan juga tulisan Abi dari godaan nafsu serta ambisi pribadi Abi ... iya khaannn ... ?! hehehe ... iya aja dehhh ... daripada Abi ngambek dan mogok nulis ... wkwkwk

Kata “bi”  bisa juga sahabat kaitin ama "kekuasaan dan pertolongan", sehingga dengan ngucapin “basmalah”  tadi, Abi sadar juga kalo kerjaan Abi ini (nulis posting) bisa kelar alias terlaksana atas "kekuasaan" dan "pertolongan" Allah SWT ... Seperti saat menulis draft tulisan ini ... walaupun (koneksi) modem lagi ngambek, tapi Abi masih bisa blogging, caranya ???? Abi bikin draft-nya pake Windows Live Writer ... hehehe ... yang penting kelarrrrr !!!

Jadi -ini masih kelanjutan yang di atas yaa?!- ketika Q-ت (baca : kita) ngucapin “basmalah”  waktu mulai ngerjain sesuatu, maknanyaQ-ت ngarepin bantuan Allah agar kerjaan itu bisa rampunng dengan baik dan sempurna. Dan dalam ucapan “basmalah”  itu juga ada indikasi tertanamnya kelemahan diri Q-ت di hadapan Allah SWT. Sehingga, kalaupun Q-ت ngerasa Q-ت kagak bakalan bisa ngelarin kerjaan karena kelemahan Q-ت , tapi Q-ت yakin bisa tetep kelar kalo emang dibantu ama Allah SWT ... 
Nah kalo kerjaan udah dibantu ama Sang Penolong dan Sumber Kekuatan, maka yakin deh kalo kerjaan entuh bakalan bagus, indah (elok kalo Upin Ipin bilang mahh ... hehehe) dan 
sempurna serta benar, sebab sifat-Nya yang ar-Rohman dan ar Rohim itu berbekas pada kerjaan Q-ت ... 
Dalam“basmalah” , Allah SWT –Tuhan yang kita mohon bantuan-Nya itu- menekankan dua sifat kesempurnaan-Nya, yaitu ar-Rohman dan ar Rohim. ar-Rohman ( الرحمن ) adalah curahan rahmat-Nya yang secara aktual diberikan di dunia ini kepada seluruh makhluk-Nya, termasuk manusia tentunya, gak pandang mukmin ataupun kafir. Sedangkan ar Rohim ( الرحيم ) adalah curahan rahmat-Nya khususon untuk mereka yang beriman dan diberikannya kelak di akhirat.
Kedua sifat Allah tersebut –yang diharapkan tertanam ketika ngucapin “basmalah” serta memenuhi jiwa pengucapnya hingga seluruh perbuatannya ‘diwarnai’ curahan rahmat dan kasih sayang- diharapkan juga bisa dicurahkan terhadap binatang, tumbuhan, bahkan makhluk tak bernyawa sekalipun … So, ketika Abi ngucap “basmalah” ketika mau mulai, Abi ngarepin tulisan Abi ini bernilai “baik, benar, bagus, indah, bermanfaat, menimbulkan rasa senang lain dan curahan bentuk kasih sayang Abi kepada lainnya”.

Kayaknya sahabat masih harus ngelanjutin lagi nih bacanya ... "pencet" aja tombol di bawah ini !! 

Satu lagi, - dan kata ini adalah kata yang insya Allah akan Abi jadiin pembuka “badan” posting Abi.
Abi pernah belajar satu hadits (Abi akan berusaha untuk selalu ngasih paling kagak satu dalil tentang postingan Abi kalo emang Abi pernah tahu, belajar dan cocok ama postingan entuh) dari idola Abi Rasulullah Muhammad Shollallaahu ‘Alaih wa Aalih wa Shohbih wa sallam :

{ كُلُّ أَمْرٍ ذِى بَالٍ لاَ يُبْدَأ بِبِسْمِ اللهِ فَهُوَ أَقْطَعُ { رواه أبو داود عن أبي هريرة
Tiap-tiap pekerjaan yang penting, kalau tidak dimulai dengan bismillaah, dengan nama Allah, maka pekerjaan itu akan percuma jadinya.

Setahu Abi ada juga riwayat kata أَقْطَعُ dengan kata lain, seperti dengan kata ajdzam (ditimpa penyakit kusta –ditimpa artinya bukan dibagel atau dilempar yaa … ?! tapi dijangkitin penyakit … hehehe- Abi yakin sahabat dah tahu), atau kata abthar (mandul –bukan kagak bakal punya anak nihh … tapi tidak membawa hasil yang diharapkan-). Hadits ini pakai kata aqtho’ artinya terputus, patah atau gagal. Kesimpulannya sih kayaknya sama, yaitu jadi percuma, sebab tidak diberi berkat oleh Allah SWT …

Okay blogger … so, Let’s begin our works by “BASMALAH” supaya benar, bermanfaat dan berkah. Kurang tepat rasanya –kalau sahabat kagak mau bilang salah- kalau ada orang bilang begini : “ ahhh … 4 + 4 khan = 8 , baik dia pake basmalah atau kagak ….“ That’s 4 him !!!!! Not 4 meeeee !!! Lho kok ?! Yaaa … karena pake “basmalah” paling tidak jumlah itu bukan cuma indah dan baik tapi … PASTI BENERRRRRRR !! Sementara kalo kagak pake “basmalah” bisa jadi – kemungkinan selalu ada di dunia ini, brooo … – jumlahnya dalam catatan 8 tapi dalam kenyataannya cuma 7 , yang 1 nyangkut di kantong … weleh weleh welehhh … cape deeehhhh … !!! 


# Maha Benar Allah dan alangkah indah petunjuk kekasih-Nya, Rasulullah Muhammad SAW #
 





Sahabat ...
Demikianlah sedikit posting Abi tentang BASMALAH ...
Harapan Abi setelah sahabat membaca posting Abi ini adalah agar kita bisa mendawamkan ucapan "kalimah thoyyibah" ini setiap kali kita akan memulai aktivitas ...
Silahkan terus ikuti kalau memang sahabat masih berkenan ...
وَاللهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ وَبِهِ التَّوْفِيْقِ وَالْهِدَايَةِ وَالْعِنَايَةِ وَالْعَفْوُ مِنْكُمْ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُم ْوَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

PENULIS -:- A H M A D - T H O U F U R - A B I

Sekelumit Tentang Penulis

Ahmad Thoufur (yang biasa dipanggil) Abi adalah seorang Putra BECENG (BEtawi CENGkareng) Asli, yang (katanya) juga Ustadz Kampung(an) serta berprofesi sebagai Guru merangkap Blogger dan ADM :) Dia adalah kepala dari keluarga (HaSnaNif At-Thoilah) yang senantiasa berdoa agar dapat kembali berkumpul dalam kehidupan abadi di surga-Nya Allah SWT... Mohon do'a...!!

Facebook Abi

BLOG KELUARGA HASNANIF AT-THOILAH

Silahkan berkunjung ke Blog Keluarga Abi ... :)
  • Blog Keluarga HaSnaNif At-Thoilah
  • 0 komentar:

    B L O G - A N E ( H ) - A H M A D - T H O U F U R - A B I
      B
      L
      O
      G
      -
      A
      N
      E
      (
      H

      emoticon gif buat kotak komentar

      )

      emoticon gif minimalis

      KOSONG

      emoticon medium format gif

      A

      emoticon medium format non-gif

      H

      Judul/Nama Widget

      Letakkan widget yang akan di sembunyikan di sini!
      M

      Daftar Posting Seluruhnya :

      A
      D
      1 2 3 4 5 6
      H
      • At Cibodas 2010
      • Here We Are
      • Our Famuly Logo
      • Me and My Beloved Honey
      • Our Sons and Daughter
      • We Love Peace and Sharing
      • Me and My Beloved Honey
      • Our Sons and Daughter
      O

      Mau lihat lebih jelas lagi ?! Klik kanan pilih “buka gambar di tab baru”

      U
    • Make your own
    • U
      R
    • -
    • A

      B

      2nd Tab

        Nyoba warna tulisan merah


        Nyoba warna tulisan kuning


        Nyoba warna tulisan hijau


    • Link Foto Tanpa Foto
    • Top Bar Script
    • I