Welcome To Blog Ane(H) Ahmad Thoufur Abi ; Media CHAT(ting) Putra Betawi Asli; Seorang (yang katanya) Ustadz Kampung(an) yang berprofesi sebagai Guru dan merangkap Blogger dan ADM :)

value="http://www.buzzbuttons.com/BUTTON6/twitbutton.swf" />

gambling

ceritanye lagi loading dulu nich ... :)
Beranda » » I(nsan) Ane(H) Ahmad Thoufur Blog Ane(H) Ahmad Thoufur

Maret 13, 2013

I(nsan) Ane(H) Ahmad Thoufur

Jempol Facebooker
Kicauan di Twitter Via Google +
ِبِسْمِ اللهِ الرَّحمْنِ الرَّحِيْم

ُسَلاَمٌ عَلَى مَنِ اتَّـبَعَ الْهُدَى # السَّلاَمُ عَلَيْكُم ْوَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه


I N S A N

(I)nsan ; dalam bahasa Arab kata ini tertulis انسان yaitu musytaq (asal akar katanya) dari Anasa-Anisa-Nasia. Abi gak mo ngerinci lebih dalem lagi tentang etimologi dan definisinya, sebab Abi bukan ahli bahasa, tanya aja ama Mbah Google kalo mo tahu ... hehehe ...
Abi cuma mo nulis yang ada kaitannya ama blog Abi ini, yaitu TING tadi, Thoufur; Insan Nan Galau ... jadi "insan" ini buat si Thoufur alias Abi ... hehehe ...
Evolusi Manusia

Thoufur adalah "insan" sebab ia melihat, punya nalar dan berfikir ... ya iya laahhh ... emang ada apa orang gila yang bisa nge-blog ... hehehe. Thoufur juga "insan" karena dia itu "jinak" (tanyain aja orang yang pernah ketemu ama dia, apa ada yang pernah digigit ... kalo yang pernah diterkan sih ada ... hehehe ...) dan "ramah", buktinya banyak sahabat, tuh lihat baru ngasih posting satu aja buat pembuka udah puluhan orang nge-like dia ... ya khan ... ?! hehehe (belagu dikit mah boleh khan ... acie ciee ...). Trus Thoufur juga "insan" karena sering banget lupanya ... semoga sih kagak pikun ampe tuanya ... aamiinn ...
اللهم إني أعوذ بك من أن أرد إلى أرذل العمر
"Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari kepikunan di usia tua"


Nah untuk yang satu ini Abi kayaknya justru berusaha menjadi seorang "insan" PLAGIAT(or), bahkan PLAGIAT(or) sejati dari idolanya, Rasulullah Muhammad SAW ... I Love You, yaa Rasuulallaah ... Ya ... dia-lah satu-satunya "insan" kaamil ... yang lain gak ada ... hanya sampai mutakaamil ... lho kok ... ?! alasannya nanti aja deh ya ?! makanya sahabat terus ikutin blog Abi ini ... hehehe (baca : PROMOSI)

Lanjutin ahhh ... tapi klik dulu ya supaya lebih jelas ...
Sebagai seorang yang ingin disebut "insan" -apalagi kalau mau berusaha mengikuti Rasulullah sebagai "insan kamil"- maka tentu ada konsekuensi yang harus Abi kerjain dan syarat-syarat buat bisa dibilang "insan". "Paling kagak, Abi harus tahu siapa yang nyiptain Abi, buat apa Abi diciptain, trus gimana cara Abi bikin puas -minimal nurut- yang dah nyiptain Abi ... iya khan ... ?! Abi yakin, pasti ada maksud tertentu dari yang nyiptain Abi, kenapa Abi harus ada di dunia ini. ", "nilai jelek ", " Abi pernah baca ayat yang satu ini nih dalam Al Quran, surat Al 'Ankabut ayat 2 :
أحسب الناس أن يتركوا أن يقولوا آمنا وهم لا يفتنون
Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?

Abi juga kasih sahabat nih satu kutipan tulisan tentang "manusia dalam persfektif Islam" yang mungkin jauh lebih bagus, baik bahasa maupun isinya daripada postingan Abi atau bahasa Abi ...hehehe (ini hasil browsing, sambil nungguin Mr. Lemot alias si Modem ... hehehe ... Abi copy paste aja yaa ... hehehe

Sesungguhnya manusia itu diciptakan oleh Allah dalam bentuk yang sempurna dan bagus, dan manusia diciptakan sebagai kholifah Allah di Bumi, dan telah dijadikan Bumi seisinya untuk tunduk kepada manusia. Allah Befirman : (لقد خلقنا الإنسان فى اًحسن تقويم ) "Sungguh Kami telah ciptakan manusia dalam bentuk yang sempurna" (At Tiin :5)

Manusia diciptakan Allah dari tanah (thin), Allah berfirman, ذ قال ربك للملائكة إنى خالق بشرا من طين ) "( Shod : 71) Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa benar adanya jika manusia itu sebenarnya dari tanah. Tanpa adanya tanah tidak mungkin manusia bisa tumbuh. semua makanan yang ada, pada awalnya adalah dari tanah.

Kewajiban manusia sebagai kholifah Allah di bumi adalah tidak lain hanya untuk menyembah Allah semata.

Menurut Islam manusia itu terdiri dari dua bagian yang membuatnya menjadi manusia sempurna, yaitu terdiri dari Jasmani dan rohani, disamping itu manusia juga telah dikaruniai fitrah. Kita hidup di dunia ini bisa menyaksikan sendiri ada persamaan-persamaan yang dimiliki manusia. Seperti Cinta keadilan, kasih sayang, dan lainnya, itulah menurut kami yang disebut fitrah.

A. Jasmani
Sungguh beruntunglah kita yang dikaruniai jasmani yang sempurna. kaki, tangan, lidah, mata, hidung, telinga, perut dan faraj adalah pemberian Allah yang harus kita syukuri dengan mempergunakannya untuk melaksanakan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Dengan jasmani kita bisa merasakan kenikmatan hidup di dunia ini.

B. Rohani
Yaitu unsur manusia yang tidak kasatmata, yang menjadikan jasmani menjadi manusia yang hidup. Dalam buku yag ditulis Barmawie Umary, rohani terdiri dari:

1. Akal = dengannya manusia yang lemah bisa mengendalikan kehidupannya di dunia. Berkat akal pula kehidupan manusia bisa jadi lebih mudah. Apa yang ada dihadapan anda sekarang ini adalah bukti kemampuan yang dikaruniakan Allah hanya kepada manusia, yaitu akal. Dengan Akal pulalah perbedaan antara hewan dan manusia sangat mencolok.

2. Nafsu = adalah suatu bagian rohani yang dimiliki manusia untuk berkehendak atau berkeinginan. Tanpa nafsu barangkali takkan ada kemajuan dalam hidup manusia. Akan tetapi seringkali nafsu mengalahkan hati dan akal sehingga yang terjadi adalah kerusakan. Masih dari buku karya Barmawie, tersebut bahwa nafsu dikategorikan menjadi:

  • Nafsul Ammarah : Yaitu jiwa yang belum mampu membedakan yang baik dan buruk, lebih mendorong kepada tindakan yang tidak patut.
  • Nafsul Lawwamah :Yaitu jiwa yang telah memiliki rasa insaf dan menyesal setelah melakukan suatu pelanggaran, malu perbuatan buruknya diketahui orang lain tetapi belum mampu untuk menghentikan tindakanya
  • Nafsul Musawwalah : Jiwa yang telah bisa membedakan yang baik dan buruk, telah bisa menggunakan akalnya untuk menimbang mana yang baik dan mana yang buruk.
  • Nafsul Muthmainnah : Yaitu jiwa yang telah mendapat tuntunan dan terpelihara sehingga mendatangkan ketenangan jiwa. Dengan jiwa ini akan melahirkan sikap dan perbuatan yang baik dan membentengi kekejian
  • Nafsu Mulhamah : Adalah jiwa yang memperoleh ilham dari Allah SWt dikarunia ilmu dan dihiasi Akhlak Mahmudah.
  • Nafsu Raadliyah : Yaitu jiwa yang ridho kepada Allah, selalu bersyukur kepadaNya.
  • Nafsu Mardliyah : Yaitu jiwa yang diridhoi Allah
  • Nafsu Kaamilah : Yaitu jiwa yang telah sempurna

3. Qolbu(hati) = Dari hatilah segala kepribadian manusia muncul. Apabila hati selalu dibina secara baik sesuai Syari'at maka manusia akan berakhak mulia. Akan tetapi seringkali kekuasaan hati tertutupi oleh kekuasaan nafsu, apalagi dengan ditambah bisikan-bisikan syetan, sehingga yang muncul bukanlah cahaya Ilahi akan tetapi bisikan syetan. Oleh karenanya hati harus selalu disirami tuntunan Islam dengan selalu berzdikir kepada Allah. Dalam menjaga hatinya seorang muslim harus selalu waspada terhadap terjangkit nya penyakit hati. Penyakit hati sungguh berbahaya bagi kehidupannya.

4. Roh = Seorang mukmin percaya bahwa manusia hidup karena roh yang ada dalam jasadnya. Akan tetapi bagaimana bentuk atau wujudnya itu bukanlah urusan manusia, karena Allah telah berfirman : Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang roh; katakanlah : Roh itu urusan Rabb ku dan kamu tidak diberi ilmu melainkan sedikit." (Al Isra :85)

Tujuan Manusia Hidup
( وما خلقت الجن والإنس إلا ليعبدون ) " Dan tidaklah Aku ciptakan manusia dan jin kecuali untuk menyembah(Ku). (Adzariyat : 56)
Sumber: Manusia dalam Pandangan Islam - IslamWiki


Gimana ?! rasanya cukup jelas ya tentang maksud Abi dengan "INSAN" di atas ... ?! Insya Allah akan Abi lanjutin pada postingan-postingan berikutnya yang mungkin aja masih ada kaitannya dengan "INSAN" dan seterusnya, so ... stay tune on here ... !! hehehe
Sahabat ...
Sementara inilah posting perkenalan Abi tentang INSAN, silahkan terus ikuti kalau memang sahabat masih berkenan ...
وَاللهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ وَبِهِ التَّوْفِيْقِ وَالْهِدَايَةِ وَالْعِنَايَةِ وَالْعَفْوُ مِنْكُمْ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُم ْوَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

PENULIS -:- A H M A D - T H O U F U R - A B I

Sekelumit Tentang Penulis

Ahmad Thoufur (yang biasa dipanggil) Abi adalah seorang Putra BECENG (BEtawi CENGkareng) Asli, yang (katanya) juga Ustadz Kampung(an) serta berprofesi sebagai Guru merangkap Blogger dan ADM :) Dia adalah kepala dari keluarga (HaSnaNif At-Thoilah) yang senantiasa berdoa agar dapat kembali berkumpul dalam kehidupan abadi di surga-Nya Allah SWT... Mohon do'a...!!

Facebook Abi

BLOG KELUARGA HASNANIF AT-THOILAH

Silahkan berkunjung ke Blog Keluarga Abi ... :)
  • Blog Keluarga HaSnaNif At-Thoilah
  • 0 komentar:

    B L O G - A N E ( H ) - A H M A D - T H O U F U R - A B I
      B
      L
      O
      G
      -
      A
      N
      E
      (
      H

      emoticon gif buat kotak komentar

      )

      emoticon gif minimalis

      KOSONG

      emoticon medium format gif

      A

      emoticon medium format non-gif

      H

      Judul/Nama Widget

      Letakkan widget yang akan di sembunyikan di sini!
      M

      Daftar Posting Seluruhnya :

      A
      D
      1 2 3 4 5 6
      H
      • At Cibodas 2010
      • Here We Are
      • Our Famuly Logo
      • Me and My Beloved Honey
      • Our Sons and Daughter
      • We Love Peace and Sharing
      • Me and My Beloved Honey
      • Our Sons and Daughter
      O

      Mau lihat lebih jelas lagi ?! Klik kanan pilih “buka gambar di tab baru”

      U
    • Make your own
    • U
      R
    • -
    • A

      B

      2nd Tab

        Nyoba warna tulisan merah


        Nyoba warna tulisan kuning


        Nyoba warna tulisan hijau


    • Link Foto Tanpa Foto
    • Top Bar Script
    • I